Terjadinya suatu transaksi dala, perdagangan tidak selamanya didahului oleh letter of inquiry. Dalam dunia perdagangan, sering kali terjadi penjual berusaha mendekati calon pembeli untuk menawarkan produk atau barang yang mereka jual. Penjual berusaha menedekati calon pembli dengan tujuan untuk memperkenalkan produk-produk baru mereka atau bisa juga mengurangi jumlah persediaan barang yang menumpuk digudang.
Pada prinsipnya sales letter (surat penjualan) tidak berbeda dengan iklan. Hanya saja tujuan atau sasaran dari sales letter telah dipilih atau diseleksi terlebih dahulu oleh pihak penjual atau mereka yang ingin menawarkan barang atau produk. Jadi jelas bahwa sales letter hanya ditujukan kepada kelompok-kelompok atau golongan-golongan tetentu saja.
Walaupun sales letter yang baik agak sukar ditulis, tapi prinsipnya tidak berbeda dengan surat-surat niaga lainnya. Sales letter yang baik biasanya mempunyai empat unsur penting yaitu:
- Attention
- Desire
- Conviction
- Action
- Attention (Perhatian)
- Desire (Minat)
- Conviction (Keyakinan)
- Action (Pelaksanaan)
Tujuan membuat surat penjualan ini yaitu:
- Untuk memperkenalkan dan menawarkan suatu produk baru kepada konsumen.
- Untuk mendapatkan penyalur-penyalur baru atas barang atau produk yang ingin diperkenalkan.
- Untuk mendapatkan pesanan.
Komentar
Posting Komentar