Surat niaga memiliki pola khusus yang ditentukan oleh tata letak bagian-bagiannya yang ada dalam surat. Bentuk-bentuk surat niaga yang lazim digunakan dalam dunia perdagangan antara lain:
- Full Block Style (Bentuk Lurus Penuh)
Keuntungan penulisan atau pengetikan dengan menggunakan bentuk ini adalah lebih mudah dan tidak banyak menghabiskan waktu. Lebih lagi jika volume pekerjaan surat-menyurat suatu kantor cukup banyak, bentuk lurus penuh ini adalah paling cocok digunakan.
- Block Style (Bentuk Lurus)
Pengetikan alinea awal yang dimulai dari sisi kiri dan sejajar dengan alamat surat akan sangat membantu dalam pekerjaan pengetikan. Bentuk surat seperti ini jelas sangan praktis dan banyak sekali digunakan di kalangan swasta, di samping merupakan suatu bentuk yang paling populer dewasa ini.
- Semi Block Style (Bentuk Setengah Lurus)
Perbedaannya dengan bentuk lurus hanya dalam pengetikan alinea baru di mana dalam bentuk ini pengetikan setiap awal alinea baru masuk lima hentakan, sedangkan bagian-bagian surat lainnya tidak berbeda dengan bentuk lurus.
Bentuk ini cukup banyak menjadi pilihan di kalangan swasta karena pengetikannya yang tidak terlalu sulit dan bentuknya pun indan dipandang.
- Indented Style (Bentuk Bertakuk)
Dalam surat bentuk bertakuk, penulisan atau pengetikan alamat tujuan dimulai lima hentakan untuk tiap baris. Baris kedua di mulai lima hentakan dari awal baris pertama. Awal baris ketiga dimulai lima hentakan dari awal baris kedua dan seterusnya.
Surat bentuk bertakuk memang kurang begitu populer di kalangan dunia usaha. Di samping bentuknya kurang estetis, juga pengetikannya cukup menyita waktu.
- Simplified Style (Bentuk yang Disederhanakan)
Perihal surat (subject) diketik dengan hurus besar sedangkan kata subject ditiadakan. Baris tanda tangan diketik empat baris di bawah baris terakhir isi surat.
- Hanging Indentation Style (Bentuk Alinea Menggantung)
Meskipun penempatan bagian-bagian surat lainnya tidak berbeda dengan surat-surat yang lazim digunakan dalam dunia perdagangan, surat bentuk ini hampir tidak pernah digunakan dalam surat-menyurat. Walaupun bentuk ini digunakan dalam iklan, tujuannya hanya semata-mata untuk menarik perhatian saja.
Komentar
Posting Komentar