Langsung ke konten utama

KOPERASI SIMPAN PINJAM "DANA KARYA"

Puji dan syukur kehadirat Allah swt. karena atas karunia dan hikmahnya saya dapat menyelesaikan tugas matakuliah Softskill Ekonomi Koperasi ini yaitu “Interview salah satu Koperasi Masyarakat yang ada disekitar”.
Disini, saya telah mengunjungi salah satu koperasi masyarakat yaitu Koperasi Simpan Pinjam “Dana Karya” yang bertempat di Jl. Radin Inten No. 8C, Duren Sawit, Jakarta Timur. Bidang usaha koperasi tersebut yang telah dijalankan selama ini adalah khusus simpan pinjam uang dan koperasi tersebut akan terus mengadakan inovasi produk ke depan. Kemudian struktur organisasi dalam koperasi tersebut adalah sebagai berikut:
-          Rapat Anggota
-          Pengurus (Ketua, Skretaris dan Bendahara) ---- Pengawas
-          Manajer Pengelola
-          Kepala Bagian (Kabag)
-          Kepala Seksi (Kasie)
-          Karyawan Pelaksana
Untuk permodalan koperasi tersebut terdiri dari simpanan pokok, simpanan wajib, simpanan sukarela, pinjaman dari bank dan pinjaman dari anggota. Dan SHU-nya sendiri dibagikan kepada seluruh anggota setiap tahunnya.
Di koperasi tersebut sampai saat ini tidak ada permasalahan yang signifikan. Tetapi karena dunia ini sudah memasuki era globalisasi maka koperasi tersebut suka tidak suka, mau tidak mau, harus siap menghadapi era globalisasi dengan kiat-kiat atau strategi yaitu meningkatkan kualitas sumber daya manusia, memperbaiki manajemen pelayanan yang efektif dan efesien, menerapkan kearifan lokal (local wisdom) dan memberikan sentuhan cinta serta kasih sayang (loving touch) sehingga terbentuklah peran koperasi itu dalam masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
Dan yang terakhir, menurut koperasi tersebut perkembangan koperasi di Indonesia kurang kondusif, karena kurang mendapat dukungan sejati dari Pemerintah dan masyarakat, padahal koperasi itu adalah sokoguru dan bagian integral dari tata perekonomian nasional. 

Komentar

  1. Jakarta,22 September 2016
    No. : 010 / JT / IX / 2016
    Perihal : Surat Perkenalan Perusahaan

    Kepada Yth,
    Pimpinan Koperasi Simpan Pinjam
    Dana Karya
    Di
    Tempat

    Assalamu’alaikum Wr. Wb.

    Sehubungan telah di buka nya Kantor Pusat PT. Junicha Travelindo, yang beralamat di Casa Verde Building. Jl. Mampang Prapatan No. 17 ( I,J,K ), Jakarta – Selatan, yang bergerak di bidang pelayanan perjalanan ibadah haji dan umroh, dengan ini kami memperkenalkan program - program yang kami miliki, yaitu :

    1. Paket Umroh Reguler 09 Hari + 1
    2. Paket Umroh Plus Aqsho 10 Hari + 1
    3. Paket Umroh Arbain 15 Hari + 1
    4. Paket Umroh Plus
    5. Paket Haji Khusus
    6. Paket Wisata Domestik & Manca negara

    Adapun pelayanan yang akan kami berikan adalah :

    1. Harga dan fasilitas bersifat negosiasi, dapat disesuaikan dengan keinginan Jemaah
    2. Pelayanan staf yang ramah dan profesional
    3. Amanah dan menjaga komitmen
    4. Memberikan kemudahan dalam pembiayaan paket ibadah umroh melalui FIF Syariah & DKI Syariah

    Besar harapan kami agar dapat bekerja sama dengan Bapak / Ibu. Demikian surat perkenalan dari kami, semoga dapat diterima dengan baik.

    Atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan banyak terima kasih.

    Walaikumsalam Wr. Wb.
    Hormat Kami,



    Alex Jahja
    Managing Director

    BalasHapus
  2. Mau tanya, apabila peminjam meninggal dunia dan masih punya sangkutan di Dana Karya... Apakah sisa tersebut harus dilunasi...?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pertanyaan ini belum ada jawaban nya yah, coba tolong di jwab

      Hapus
    2. lunas dengan sendirinya.jdi alih waris gk usah takut utk ditagih

      Hapus
  3. Usaha toko kembang bisa ajukan pinjaman ini ?? Terimakasih

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

PART 2 "1 JANUARI"

Hey fren... Jadi aku mau lanjutin cerita tentang kisah aku sama misua eh suami maksudnya hehe Iya jadi setelah suami aku tau aku yang mana dan aku tau dia yang mana akhirnya kita saling kenal lah dari situ. Aku sama suami lupa lupa inget siapa yg duluan ngechat, tapi klo seinget aku sih suami duluan yang ngechat hehe. Oke setelah kita kenal, hubungan kita makin intens terlebih aku juga deket sama temennya dia yang emang suka bareng sama dia. Jadi temennya itu seangkatan sama aku dan bahkan sekarang jadi cabat aku  Dari situ kita jadi sering chat pokoknya kayak pdkt gitu, cuman ternyata sebelum aku kenal dia, dia itu lagi deketin cewe yang juga seangkatan sama aku sebut saja cewe itu dengan inisial A. Kebetulan aku tau si A dan si A juga tau aku. Dan bisa dibilang antara suami aku sama si A itu hubungannya complicated gitu cenah. Setau aku pas itu mah lagi cinta segitiga gitu sama temen sekelas suami aku. Akhirnya aku mundur lah, aku gak mau terlalu terlibat lebih jauh klo udah c

ETIKA DALAM AKUNTANSI KEUANGAN DAN AKUNTANSI MANAJEMEN

ETIKA DALAM AKUNTANSI KEUANGAN DAN AKUNTANSI MANAJEMEN Nama               : Febiana Ramadhani Putri NPM               : 23213350 Kelas               : 4EB08 Mata Kuliah    : Etika Profesi Akuntansi (Softskill) Tugas               : Tugas 3 A.     Etika Dalam Akuntansi Keuangan Dan Akuntansi Menejemen ·          Akuntansi   adalah pengukuran, penjabaran, atau pemberian kepastian mengenai informasi yang akan membantu manajer, investor, otoritas pajak dan pembuat keputusan lain untuk membuat alokasi sumber daya keputusan di dalam perusahaan, organisasi, dan lembaga pemerintah. ·          Akuntansi keuangan   adalah bagian dari akuntansi yang berkaitan dengan penyiapan laporan keuangan untuk pihak luar, seperti pemegang saham, kreditor, pemasok, serta pemerintah. Prinsip utama yang dipakai dalam akuntansi keuangan adalah persamaan akuntansi (Aset = Liabilitas + Ekuitas). ·          Akuntansi Manajemen adalah   sistem akuntansi yang berkaitan dengan ketentuan dan penggu