Langsung ke konten utama

SURAT NIAGA (SURAT BISNIS)

Surat adalah suatu cara untuk menyampaikan informasi secara tertulis. Penyampaian informasi dari suatu pihak kepada pihak lain ini bisa saja dilakukan atas nama perorangan atau jabatan dalam suatu organisasi. Kalau hubungan atau kegiatan yang dilakukan melalui surat dilakukan terus menerus antara kedua pihak, maka terjadilah suatu kegiatan surat-menyurat atau korespondensi (correspondence). Surat-menyurat yang dilakukan dalam dunia perdagangan disebut surat niaga atau surat bisnis (business letter) dan kegiatan surat-menyurat dalam dunia perdagangan disebut korespondensi niaga (business correspondence).
Walaupun alat komunikasi modern sudah begitu dewasa ini, sebagai komunikasi tertulis, surat tetap mempunyai peran penting dalam dunia perdagangan. Jika dibandingkan dengan komunikasi lisan, surat jelas mempunyai kelebihan tersendiri karena surat merupakan suatu bukti otentik berupa tulisa yang diperkuat oleh tanda tangan pengirimnya.
Sebagai alat komunikasi tertulis, surat niaga tentu mempunyai bentuk dan penggunaan ungkapan-ungkapan yang berbeda jika dibandingkan dengan surat-surat biasa. Bentuk surat dan ungkapan-ungkapan yang digunakan dalam surat niaga tentu harus dapat memberikan kesan positif dan menyenangkan bagi pembacanya. Ini merupakan suatu faktor penting yang tidak dapat diabaikan untuk memperlancar tujuan yang ingin dicapai oleh pihak yang berkepentingan.
Surat niaga memiliki pola tersendiri yang ditentukan oleh tata letak bagian-bagiannya yang ada dalam surat. Bentuk-bentuk surat niaga yang lazim digunakan dalam dunia perdagangan antara lain:
  1. Full Block Style / Bentuk Lurus Penuh
  2. Block Style / Bentuk Lurus
  3. Semi Block Style / Bentuk Setengah Lurus
  4. Indented Style / Bentuk Bertakuk
  5. Simplified Style / Bentuk yang Disederhanakan
  6. Hanging Indentation Style / Bentuk Alinea Menggantung

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KOPERASI SIMPAN PINJAM "DANA KARYA"

Puji dan syukur kehadirat Allah swt. karena atas karunia dan hikmahnya saya dapat menyelesaikan tugas matakuliah Softskill Ekonomi Koperasi ini yaitu “Interview salah satu Koperasi Masyarakat yang ada disekitar”. Disini, saya telah mengunjungi salah satu koperasi masyarakat yaitu Koperasi Simpan Pinjam “Dana Karya” yang bertempat di Jl. Radin Inten No. 8C, Duren Sawit, Jakarta Timur. Bidang usaha koperasi tersebut yang telah dijalankan selama ini adalah khusus simpan pinjam uang dan koperasi tersebut akan terus mengadakan inovasi produk ke depan. Kemudian struktur organisasi dalam koperasi tersebut adalah sebagai berikut: -           Rapat Anggota -           Pengurus (Ketua, Skretaris dan Bendahara) ---- Pengawas -           Manajer Pengelola -           Kepala Bagian (Kabag) -   ...

ETIKA DALAM AKUNTANSI KEUANGAN DAN AKUNTANSI MANAJEMEN

ETIKA DALAM AKUNTANSI KEUANGAN DAN AKUNTANSI MANAJEMEN Nama               : Febiana Ramadhani Putri NPM               : 23213350 Kelas               : 4EB08 Mata Kuliah    : Etika Profesi Akuntansi (Softskill) Tugas               : Tugas 3 A.     Etika Dalam Akuntansi Keuangan Dan Akuntansi Menejemen ·          Akuntansi   adalah pengukuran, penjabaran, atau pemberian kepastian mengenai informasi yang akan membantu manajer, investor, otoritas pajak dan pembuat keputusan lain untuk membuat alokasi sumber daya keputusan di dalam perusahaan, organisasi, dan lembaga pemerintah. ·        ...

Sales Letter (Surat Penjualan)

T erjadinya suatu transaksi dala, perdagangan tidak selamanya didahului oleh letter of inquiry . Dalam dunia perdagangan, sering kali terjadi penjual berusaha mendekati calon pembeli untuk menawarkan produk atau barang yang mereka jual. Penjual berusaha menedekati calon pembli dengan tujuan untuk memperkenalkan produk-produk baru mereka atau bisa juga mengurangi jumlah persediaan barang yang menumpuk digudang. P ada prinsipnya sales letter (surat penjualan) tidak berbeda dengan iklan. Hanya saja tujuan atau sasaran dari sales letter  telah dipilih atau diseleksi terlebih dahulu oleh pihak penjual atau mereka yang ingin menawarkan barang atau produk. Jadi jelas bahwa sales letter  hanya ditujukan kepada kelompok-kelompok atau golongan-golongan tetentu saja. W alaupun sales letter  yang baik agak sukar ditulis, tapi prinsipnya tidak berbeda dengan surat-surat niaga lainnya. Sales letter  yang baik biasanya mempunyai empat unsur penting yaitu: Attention Desire...